Search Engine

SEARCH ENGINE

Pengertian search engine menurut Wikipedia adalah Mesin pencari web (bahasa Inggris: web search engine) adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer suatu jaringan. Search engine merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basis data ataupun direktori web. Sebagian besar mesin pencari dijalankan oleh perusahaan swasta yang menggunakan algoritma kepemilikan dan basis data tertutup, di antaranya yang paling populer adalah Google, Bing, Yahoo, Safari, Yandex, MSN.

search engine


Sejarah awal mula search engine bisa anda lihat di artikel berikut ini. https://id.wikipedia.org/wiki/Mesin_pencari_web

Mesin pencari
Pangsa pasar Mei 2011
Pangsa pasar Desember 2010
Google
82,80%

84,65%

Yahoo!
6,42%

6,69%

Baidu
4,89%

3,39%

Bing
3,91%

3,29%

Yandex
1,7%

1,3%

Ask
0,52%

0,56%

AOL
0,3%

0,42%
 

 
Mesin pencari
Pangsa pasar Mei 2011
Pangsa pasar Desember 2010[4]
Google
82,80%

84,65%

Yahoo!
6,42%

6,69%

Baidu
4,89%

3,39%

Bing
3,91%

3,29%

Yandex
1,7%

1,3%

Ask
0,52%

0,56%

AOL
0,3%

0,42%
 

 

Pada umumnya kita di Indonesia menggunakan Google dalam mencari informasi sehingga sampai timbul istilah cari saja di Mbah Google he3. Bukan hanya di Indonesia secara global pun Google berhasil menjadi search engine paling besar dan paling terkenal di dunia mengalahkan pesaing – pesaingnya seperti Yahoo yang sempat menjadi yang terbaik sampai tahun 2000. Hal ini dapat di lihat dari hasil riset berikut ini :

Mesin pencari
Pangsa pasar Mei 2011
Pangsa pasar Desember 2010
82,80%
84,65%
6,42%
6,69%
4,89%
3,39%
3,91%
3,29%
1,7%
1,3%
0,52%
0,56%
0,3%
0,42%




Saya yakin yang membuat Google menjadi search engine atau mesin pencari terbaik karena Google telah berhasil memberikan pelayanan terbaik dalam memberikan informasi yang cepat dan tepat. Apalagi Google secara termasuk sering melakukan perbaikan – perbaikan atau updates agar dapat memastikan bahwa halaman web yang muncul di halaman pertama dan berikutnya adalah benar – benar kontektual dengan apa yang di cari orang – orang.

Saya sendiri pernah membandingkan dalam melakukan pencarian dengan menggunakan berapa search engine dan ternyata hasilnya yang paling memuaskan adalah Google. Mungkin hampir semua bisa kita temukan di Google asal tahu bagaimana cara menggunakan search engine ini dengan benar. Anda bisa belajar memasak tanpa harus membeli buku resep, anda dapat juga mengobati sakit anda tanpa harus ke dokter atau bahkan anda bisa belajar SEO gratis dan tanpa harus bayar mahal – mahal ke saya he3.

Tapi ingat bahwa tidak semua informasi yang di sajikan di search engine atau mensin pencari benar semuanya. Anda harus pintar – pintar memilih informasi yang tepat. Begitupun jika anda belajar SEO dengan mengandalkan informasi – informasi gratis yang bertebaran di dunia maya anda harus berhati – hati karena bisa saja web atau blog anda di masuk Google Sand Box atau bahkan di Deindex.

Akhir kata saya mengajak siapapun yang berkunjung ke web saya untuk menggunakan search engine untuk kemanfaatan dan hal – hal yang positif. Percayalah kita bisa mendapatkan pengetahuan yang luar biasa banyaknya dari search engine dan bahkan menghasilkan uang seperti saya sekarang ini. Salah satu yang saya tawarkan adalah menghasilkan uang melalui Internet Marketing. Silahhkan baca artikel – artikel saya yang lainnya agar dapat lebih jelas lagi dan memberikan anda semacam gambaran dasar mengenai internet marketing.





Salam sukses,
Tandi Herdiansyah

Subscribe to receive free email updates: